Header AD

LOCKDOWN JUSTRU BIKIN PEREKONOMIAN INDONESIA LEBIH TERTATA?

LOCKDOWN JUSTRU BIKIN PEREKONOMIAN INDONESIA LEBIH TERTATA?



K86Sport Terdapat banyak manfaat positif bagi perekonomian Indonesia dengan penerapan lockdown tersebut. Menurutnya, kebijakan tersebut membuat pemulihan ekonomi berlangsung lebih cepat.

"Tapi percayalah, lockdown itu kalau secepat mungkin dilakukan. Penyebarannya (Covid-19) jadi sangat terbatas," kata Faisal pada Jumat (27/3/2020).

Faisal memang tidak memungkiri dengan adanya lockdown berdampak pada kemerosotan ekonomi bangsa, bahkan membuka ruang lebar untuk terjadinya resesi ekonomi. Akan tetapi, demi keselamatan warganya penerapan kebijakan lockdown merupakan pilihan rasional bagi Presiden Jokowi untuk segera diterapkan.

"Lebih baik kita pahit dalam jangka pendek. Tapi ceria hadapi jangka menengah dan panjang. Ketimbang gini gini saja," ungkap Ekonom senior tersebut.

Bila melihat kondisi Indonesia, tidak ada pilihan lain selain melakukan lockdown, khususnya di Jakarta.

Saat ini Presiden Jokowi memilih tidak mengambil kebijakan itu dan mengatakan akan mengikuti Korea Selatan yang menggencarkan uji cepat deteksi virus. Namun, Faisal mengingatkan kondisi di Korea Selatan berbeda lantaran mereka memiliki kapasitas untuk memantau arus keluar masuk dan pergerakan manusia.

Untuk itu, pemerintah disarankan segera memilih opsi lockdown, dengan rentang waktu mulai dua minggu sampai maksimal satu bulan. Sehingga pemerintah mempunyai waktu untuk mengkalkulasi secara menyeluruh kerugian ekonomi bangsa akibat pandemi virus corona.

Bandar Bola yang hasilnya akan sangat lebih bisa dihitung, dan akan lebih mudah utk perkirakan resesinya kapan. Karena kita ikut timelinenya virus. Kalau kita buat timeline sendiri, virus tidak bisa kompromi.

"Tapi pola seperti sekarang, kelamaan dalam ketidakpastian. Nanti negara lain sudah rebound, kita (Indonesia) reboundnya lebih lama" pungkas Faisal.
LOCKDOWN JUSTRU BIKIN PEREKONOMIAN INDONESIA LEBIH TERTATA? LOCKDOWN JUSTRU BIKIN PEREKONOMIAN INDONESIA LEBIH TERTATA? Reviewed by K86Sport on Maret 27, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar