Header AD

DAMPAK-DAMPAK BURUK UNTUK KESEHATAN JIKA KELEBIHAN PROTEIN

DAMPAK-DAMPAK BURUK UNTUK KESEHATAN JIKA KELEBIHAN PROTEIN




K86Sport Jumlah ideal protein harian yang harus konsumsi bervariasi tergantung pada sejumlah faktor, termasuk usia, jenis kelamin, aktivitas, kesehatan, total diet, dan variabel lainnya.

Bagi kebanyakan orang dewasa dengan aktivitas fisik yang minimal, para ahli merekomendasikan untuk mengkonsumsi rata-rata harian minimum 0,8 gram protein per kilogram (kg) berat badan.

Meski punya serangkaian manfaat, konsumsi protein berlebih juga dapat menimbulkan sejumlah risiko. Pakar gizi pun menganjurkan untuk tidak mengonsumsi protein melebihi jumlah harian yang disarankan.


Dampak buruk Protein berlebih

Image result for ilustrasi protein berlebih

Berat badan meningkat


Meski konsumsi protein dikaitkan dengan penurunan berat badan. Mengonsumsinya secara berlebihan justur akan berdampak sebaliknya. Kelebihan protein yang dikonsumsi biasanya disimpan sebagai lemak, sedangkan kelebihan asam amino diekskresikan.

Ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan dari waktu ke waktu terutama jika protein yang dikonsumsi mengandung kalori.


Kehilangan kalsium


Bandar Bola  Diet tinggi protein dan daging dapat menyebabkan kehilangan kalsium. Efek ini dapat dikaitkan dengan osteoporosis dan kesehatan tulang yang buruk.

Sembelit


Diet tinggi protein yang membatasi karbohidrat biasanya rendah serat. Protein hewani, khususnya, cenderung tidak mengandung serat. Kekurangan serat dapat menyebabkan sembelit. Konsumsi protein berlebih dapat meningkatkan kebutuhan cairan tubuh. Ini dapat membuat tubuh kekurangan cairan dan menyebabkan sembelit.

Untuk mencegah sembelit, konsumsilah protein yang juga tinggi serat. Kacang dan buncis merupakan sumber protein dan serat yang sangat baik.

Diare


Tak cuma sembelit, kelebihan protein terkadang juga menyebabkan diare. Konsumsi terlalu banyak susu atau makanan olahan, ditambah dengan kekurangan serat, dapat menyebabkan diare. Ini terutama bisa terjadi jika seseorang mengonsumsi sumber protein seperti daging, ikan, dan unggas yang digoreng.

Untuk menghindari diare, minumlah banyak air, hindari minuman berkafein, batasi makanan yang digoreng, lemak berlebih, dan tingkatkan asupan serat.

Dehidrasi


rotein membutuhkan banyak pengolahan oleh ginjal dan hati. Setelah protein dibuka oleh cairan lambung di perut, ia akan dipecah menjadi asam amino oleh enzim pankreas di usus. Asam amino bebas kemudian harus diproses oleh hati Anda, dan produk sampingan yang dihasilkan disaring ke dalam urin oleh ginjal. Proses ini bisa menguras cairan tubuh dan menyebabkan dehidrasi.

Masalah ginjal


Agen Bola  Kelebihan protein dapat menyebabkan kerusakan pada orang dengan penyakit ginjal yang sudah ada sebelumnya. Ini karena kelebihan nitrogen yang ditemukan dalam asam amino yang membentuk protein. Ginjal yang rusak harus bekerja lebih keras untuk menyingkirkan nitrogen tambahan dan produk sisa metabolisme protein.

Risiko kanker


Penelitian telah menunjukkan bahwa diet tinggi protein berbasis daging merah dikaitkan dengan peningkatan risiko berbagai masalah kesehatan, termasuk kanker. Makan lebih banyak daging merah atau olahan dikaitkan dengan dengan kanker kolorektal, payudara, dan prostat.

Sebaliknya, mengonsumsi protein dari sumber lain seperti kedelai dan kacang-kacangan telah dikaitkan dengan dengan penurunan risiko kanker.
DAMPAK-DAMPAK BURUK UNTUK KESEHATAN JIKA KELEBIHAN PROTEIN DAMPAK-DAMPAK BURUK UNTUK KESEHATAN JIKA KELEBIHAN PROTEIN Reviewed by K86Sport on Maret 21, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar